STRATEGI PEMASARAN KARYA MAHASISWA UNTUK DIADOPSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN MEDIA PERIKLANAN DENGAN DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.46961/jip.v10i2.625Keywords:
Strategi Pemasaran, Digital Marketing, KaryaAbstract
Proses pembelajaran mahasiswa di saat pandemi mengalami perubahan menjadi daring dengan tetap mengerjakan tugas dan mengumpulkan karya. Belum ada yang mewadahi atau memfasilitasi karya tersebut untuk dapat diperkenalkan kepada masyarakat. Adaptasi terhadap perubahan dan pemanfaatan teknologi informasi memiliki peranan penting. Termasuk dalam bidang periklanan juga sudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Media Periklanan menggunakan digital marketing untuk dapat diakses oleh masyarakat di berbagai wilayah. Hal ini juga bisa menjadi peluang yang baik untuk memasarkan dan memperkenalkan karya yang dihasilkan mahasiswa kepada masyarakat. Tujuan membuat strategi dengan menggunakan digital marketing untuk memperkenalkan dan mempromosikan segala bentuk karya mahasiswa yang kreatif dan inovatif kepada masyarakat. Dengan demikian dapat meningkatkan awarness sehingga karya tersebut dapat diadopsi oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan kuesioner. Adapun tahapan pelaksanaan penelitian terdiri dari Pengumpulan Data, Edukasi Digital Marketing, Pengembangan Model Digital marketing, Implikasi Penerapan Digital Marketing dan Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media periklanan dengan menggunakan digital marketing dapat untuk memperkenalkan dan mempromosikan karya mahasiswa Polimedia kepada masyarakat. Dengan demikian dapat meningkatkan awarness masyarakat sehingga karya tersebut dapat diadopsi oleh masyarakat.
References
Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Astuti, M. & Amanda, A.R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Badan Ekonomi Kreatif. (2016). Kontribusi PDB Ekonomi Kreatif.Diambil pada tanggal 20 Januari 2022 dari https://kemenparekraf.go.id/
Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. (2021). Kajian Dampak COVID-19 Terhadap Pasar Tenaga Kerja dan Respons Kebijakan di Kawasan Asia dan Pasifik. Diambil pada tanggal 20 Januari 2022 dari https://fiskal.kemenkeu.go.id/
Fadhilah, D. & Pratiwi, T. (2018). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. XII No 1. 2021. 7)Yaumi, M. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-commerce Indonesia Capai 78 Persen. Diambil pada tanggal 20 Januari 2022 dari https://www.kominfo.go.id/
Putri, S. D. & Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh online marketing campaign#samyangchallenge terhadap consumer behavior digital natives pengguna youtube Indonesia. Jurnal Profesi Humas 1(2):132-141.
Suwityantini, D. (2018). Strategi Pemasaran Karya Seni Lukis (Studi Kasus Pada Pameran Seni Rupa Dan Pasar Seni ART Joga). Jurnal Ekobis Dewantara. Vol. 1 No. 8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. will be allowed only with written permission from the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia.
Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia. The Editorial Team makes every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: here
After filling in the statement letter, please attach it as the supplementary file submission or send via e-mail: [email protected]