Strategi Memasarkan Makanan Betawi Menggunakan Website Sebagai Media Periklanan
DOI:
https://doi.org/10.46961/jip.v11i1.695Keywords:
Pemasaran, Website, Makanan Betawi, PeriklananAbstract
Peningkatan penggunaan internet saat ini semakin tinggi disertai dengan semakin maraknya masyarakat menggunakan website. Website dapat digunakan untuk memberikan informasi suatu produk sehingga produk dapat diiklankan kepada masyarakat. Selain itu pengaruh pengguna website untuk transaksi jual beli juga semakin banyak digunakan sehingga memudahkan masyakat untuk melakukan transaksi belanja dengan cara online. Metode belanja dengan cara online saat ini lebih banyak diminati oleh masyarakat. Masyarakat lebih mudah memahami produk yang ditawarkan dan menghemat waktu transaksi belanja. Permasalahan pada penelitian ini yaitu masyarakat yang kurang memahami makan khas betawi, dan UMKM makanan Betawi yang belum menggunakan website untuk memasarkan produknya. Para pemilik usaha masih menggunakan cara konvensional untuk menjual produk makanan Betawi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk memperkenalkan makanan Betawi kepada masyarakat dengan pangsa pasar yang luas, mudah diakses serta sebagai sarana bagi UMKM makanan Betawi untuk mengiklankan produknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan penggunaan website untuk mengiklankan produk makanan Betawi. Dengan demikian mempengaruhi pemahaman masyarakat tentang produk makanan Betawi dan meningkatkan pemasaran. Maka dapat disimpulkan dengan adanya website saat ini masyarakat menjadi lebih tertarik untuk membeli produk makanan Betawi serta UMKM yang menjual makanan Betawi mengalami peningakatan dalam segi penjualan produk.
References
Abdulloh, R. (2016). Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Achmad Solichin, (2016). Pemrograman Web Dengan Php Dan Mysql. Jakarta: Universitas Budi Luhur.
Arifin. (2018). Rahasia SEO Wordpress. Indonesia: Grafindo Publisher.
Rahayu, D.M. dan Prasetyo, A.B. (2020). The Study of Search Engine Optimization on Website as a Marketing Strategy on the Internet. MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi 1 (2), 136-146.
Rahayu, D.M. dan Afriasih, M.U.C. (2022). Strategi Pemasaran Karya Mahasiswa Untuk Diadopsi Masyarakatmenggunakan Media Periklanan Dengan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Publipreneur 10 (2), 127-132.
Rahman, S. (2019). Buku Pintar Web Desain dan SEO WordPress 5 PLUS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rerung, (2018). Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Sibero, (2013). Web programming power pack. Yogyakarta: Mediakom.
Risnandar, (2013). Website Development Fundamental : Fitur, Layout dan Operasional Lebih Maju. Bandung: Nuansa Cedekia.
Sukamto & Shalahuddin, (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Modula.
Zaki, A. & Winarno, E. (2015). Membuat Aneka Macam Situs Jual Beli dengan WordPress. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. will be allowed only with written permission from the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia.
Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia. The Editorial Team makes every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: here
After filling in the statement letter, please attach it as the supplementary file submission or send via e-mail: [email protected]