ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BUKU UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bambang Wasito Adi Politeknik Negeri Media Kreatif
  • Misbah Fikrianto Politeknik Negeri Media Kreatif
  • Suratni Suratni Politeknik Negeri Media Kreatif

DOI:

https://doi.org/10.46961/jip.v1i1.20

Keywords:

implementasi BOS Buku, sekolah dasar, kota Depok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk melihat sejauh mana implementasi kebijakan BOS Buku ditinjau dari sumber anggaran untuk penyediaan buku; (2) untuk menganalisis hambatan/masalah yang ada dari implementasi kebijakan BOS buku; dan (3) untuk mencari dan memberikan solusi terhadap hambatan-hambatan tersebut. Penelitian dilaksanakan secara terbatas pada 15 sekolah dasar pada empat kecamatan di kota Depok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (mixed method) dengan cara pengambilan data melalui survei dan kuesioner deskriptif. Analisis yang telah digunakan adalah dengan persentase dan deskriptif kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu implementasi kebijakan pemerintah mengenai BOS Buku. Hasil Penelitian mencakup tiga hal utama. Pertama, bahwa sumber anggaran untuk penyediaan buku di sekolah berasal dari BOS Reguler, APBD, orangtua siswa, dan sponsor untuk sekolah swasta. Dalam implementasinya, sebanyak 8 sekolah (53%) menyatakan anggaran tersebut cukup dan 7 sekolah (46,6%) menyatakan sebaliknya. Kedua, masalah yang ada dalam implementasi kebijakan BOS Buku  adalah ketersediaan buku yang tidak mencukupi dengan rasio 1 buku : 1 siswa, proses pelaporan administrasi BOS yang rumit, dan dana BOS pada implementasinya mengalami keterlambatan. Terakhir, peneliti memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang ada kepada berbagai pihak terkait, pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, orang tua siswa, dan penerbit/agen buku.

References

Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan. Teori dan Praktik Rineka Cipta.

Armstrong, M., 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Seri Pedoman Manajemen. Cikmat Sofyan, Alih Bahasa. Jakarta: Elex Media Komputindo, Gramedia

Biro Pusat Statistik, 2002. Statistik Indonesia. Statistical Year Book of Indonesia. Jakarta-Indonesia: Biro Pusat Statistik.

Donnely. Ivancevich dan Gibson. 1993. Organisasi dan Manajemen. Perilaku Struktur Proses. Jakarta: Erlangga.

Gibson, et al, 1993. Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur. Proses. Penerjemah: Djoerban Wahid. Jakarta: Erlangga.

Departemen Perdagangan, Survey Industri Kreatif di Indonesia Tahun 2007

Esterberg, Kristin G: Qualitative Methods in social research, Mc Grawhill, New York, 2002

Irawan, Prasetya,2006: Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk ilmu-ilmu sosial, Departemen Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia

Martaniah, Mulyani. S, 1964. Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Kepribadian. Yogyakarta: Jiwa Baru 11/12 Th XII.

Permendiknas RI Nomor 28 Tahun 2008 tentang “Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2008 tentang Harga Eceran Tertinggi

Robert Woods, Printing Production for Promotional Materials

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung; 2006

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003

Undang-Undang Perpustakaan, yaitu Undang-Undang No 43 Tahun 2007

Winardi. Faktor Pendorong Minat Beli dalam Bisnis. Jakarta: Mizan, 1991

http://www.koranpendidikan.com/artikel/1917/tentang-bse.html

http://bse.depdiknas.go.id

Downloads

Published

2020-06-24

How to Cite

Adi, B. W., Fikrianto, M., & Suratni, S. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BUKU UNTUK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.46961/jip.v1i1.20

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.