Digital Portfolio Marketing Techniques Using New Media in Photography Study at Politeknik Negeri Media Kreatif

Authors

  • Dadang Syaputra Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia
  • Yuda Syah Putra Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia
  • Muhamad Ridwan Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-1019-2854

DOI:

https://doi.org/10.46961/jip.v9i1.185

Keywords:

Portfolio Digital, Photography, Digital Marketing

Abstract

Digitalisasi telah banyak memberikan perubahan dalam setiap segi kehidupan, tak terkecuali dalam dunia fotografi. Pembuatan portofoliopun sudah seharusnya memanfaatkan media yang berbasis digital. Namun masalahnya belum banyak mahasiswa memanfaatkan hal tersebut dan menjadikannya sebagai peluang bagi usaha ataupun karirnya. Selain itu juga kerap kali portofolio yang dibuat tidak memiliki nilai jual dan teknik pemasaran yang kurang efektif. Oleh karena itu penelitian ini mencakup topik utama, yaitu teknik untuk memasarkan portofolio digital menggunakan media baru. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pun dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam pembuatan portofolio fotografi digital sekaligus juga memberikan benchmark terhadap pemasaran portofolio tersebut.

References

Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi 2. Bandung: ALFABETA

Angipora, Hendra. 2002, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inovva di Semarangâ€, Journal of Management, Vol. 2, No. 3.

Darmaprawira, S, 2002, Warna. Bandung: Penerbit ITB

Excell, L., 2013, Komposisi Dari Foto Biasa Jadi Luar Biasa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Giwanda, G., 2003. Panduan Praktis Belajar Fotografi. Jakarta: Puspa Swara

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi PemasaranJilid 2.Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Soedjono, Soeprapto “ Tinjauan Imaji Fotografiâ€, Jurnal Seni, Vol. VI/ 01/ 1998 BP.

ISI. Yogyakarta

Wikipedia, 2020, Media Baru, https://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru, 15 Juni

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Syaputra, D., Putra, Y. S., & Ridwan, M. (2021). Digital Portfolio Marketing Techniques Using New Media in Photography Study at Politeknik Negeri Media Kreatif. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 9(1), 29–40. https://doi.org/10.46961/jip.v9i1.185

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>