Visual Study of Animated TV Series ‘Ibra’ : Membelah Bulan

Authors

  • Lani Siti Noor Aisyah Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/mediasi.v4i2.704

Keywords:

Semiotics, Animated movie, Children's education,

Abstract

Penelitian berjudul ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  dilatarbelakangi oleh film sebagai produk dari kemajuan teknologi informasi yang mempermudah berbagai aspek kehidupan baik sebagai media edukasi maupun hiburan. Di sisi lain dengan semakin beragamnya media memunculkan dampak tidak baik yaitu munculnya konten-konten negatif tanpa memuat subjek edukatif yang mempengaruhi perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak. Melalui penelitian film berjudul ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  dikembangkan oleh Manara Studio sebagai studi kasus dimana sebuah media hiburan dapat juga berperann sebagai media edukasi yang efektif. Film dianalisis dengan metode semiotika  dengan pendekatan kualitatif untuk melihat bahwa secara bahasa visual media tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan belajar dan bermain anak-anak.

The research titled ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  is motivated by cinema as a product of advances in information technology that facilitate various aspects of life both as a means of education and entertainment. On the other hand, the increasing variety of media has a negative impact, namely the emergence of negative content without educational topics that affects the cognitive, affective and psychomotor development of children. Through research, a film titled ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  was developed by Manara Studio as a case study where an entertainment medium can also act as an effective educational medium. The films are analyzed using the semiotic method with a qualitative approach to see that in terms of language, visual media can meet children's learning and playing needs.

 

References

Dokumen Resmi

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2009).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman. Tersedia secara online di https://jdih.kemenparekraf.go.id/katalog-10-produk-hukum. Diakses pada 27 Desember 2023 pukul 23:00 WIB.

Buku Terjemahan

Trelease, Jim. (2019). The Read-Aloud Handbook : Membacakan Buku dengan Nyaring Melejitkan Kecerdasan Anak. Terjemahan oleh Arfan Achyar, HP Melati. (2019). Bandung : PT.Mizan Publika.

Dokumen Internet

Hildayani, Rini .(2014). Psikologi Perkembangan Anak. Tersedia online di http://repository.ut.ac.id/4693/1/PAUD4104-M1.pdf. Diakses pada 27 Desember 2022 pukul 21:30 WIB.

Manara Studio.(2022, Oktober 4). Ibra : Membelah Bulan.https://manarastudios.com/ Diakses pada 10 Desember 2022 pukul 10:00 WIB.

Tim CNN. (2021). Survei: 19,3 Persen Anak Indonesia Kecanduan Internet

Tersedia online di https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255-702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet. Diakses pada 9 Desember 2022 pukul 21:00 WIB.

Media Sosial

Ibra Berkisah. (2021). ‘Ibra’: Membelah Bulan. Tersedia online https://www.youtube.com/watch?v=fs6RKWC-Kzc. Diakses pada 10 Desember 2022 pukul 10:00 WIB.

Downloads

Additional Files

Published

2023-07-23

How to Cite

Aisyah, L. S. N. (2023). Visual Study of Animated TV Series ‘Ibra’ : Membelah Bulan. MEDIASI Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 4(2), 159–173. https://doi.org/10.46961/mediasi.v4i2.704

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.