Utilization of the Wattpad Application to Improve Short Story Writing Skills for Students

Authors

  • Puput Indriani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan dan Sains, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia, Indonesia
  • Jaja Jaja Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan dan Sains, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia, Indonesia
  • Maya Dewi Kurnia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan dan Sains, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia, Indonesia
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/mediasi.v3i3.604

Keywords:

Students, Improving Short Story Writing Skills, Wattpad Application.

Abstract

The lack of interest in writing among students causes a lack of short story writing skills. The researcher uses a method in the form of library research (library research) with research data sourced from secondary data that is relevant to the topic of discussion regarding students, short story writing skills, and the Wattpad application. The research procedure uses opinions according to Tahmidaten & Krismanto (2020) regarding the literature study research process in data collection. The conclusion is that the Wattpad application plays an important role as a supporting medium to improve students' abilities and creativity in writing works in the form of short stories.

References

Adidah, A., Thahar, H. E., & Basri, I. (2016). Pengaruh Penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 24-30. Doi https://doi.org/10.24036/9832-019883

Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan metode mengikat makna dalam pembelajaran menulis cerpen pada mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Semantik, 7(1), 1-15. Retrieved from http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/681

Ahsin, M. N., & Ristiyani, R. (2019). Penerapan model sinektik untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen bagi mahasiswa. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 148-156. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.4060

Artajaya, G. S. (2022). Inovasi media wattpad dalam pembelajaran sastra Indonesia. In Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 173-184). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2011

Asiyah, N. (2013). Pola asuh demokratis, kepercayaan diri dan kemandirian mahasiswa baru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108-121. Doi https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98

Chudsiyah, E. C. (2022). Pengaruh minat membaca dan menulis sastra terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI ips SMAN 3 Malang tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 17(8), 1-10. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/16379

Hasanah, U. (2017). Hubungan antara stres dengan strategi koping mahasiswa tahun pertama akademi keperawatan. Jurnal Wacana Kesehatan, 2(1), 16-20. Doi https://doi.org/10.52822/jwk.v2i1.44

Hermanto, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa sma dengan memanfaatkan aplikasi noveltoon. In Prosiding Seminar Nasional Daring PBSI, 2(1), 29-37. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1279/pdf

Istichomaharani, I. S., & Habibah, S. S. (2016). Mewujudkan peran mahasiswa sebagai agent of change, social control, dan iron stock. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” (Vol. 2, pp. 1-6). Retrieved from https://adoc.pub/prosiding-seminar-nasional-dan-call-for-paper-ke-2-pengintegbbc9ccf6d8d631ee108494f9e805878a81286.html.

Kafrawi, M., & Evizariza, E. (2021). Pelatihan menulis cerita pendek untuk komunitas gemar menulis Desa Bandul Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti. BIDIK: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 48-52. Doi https://doi.org/10.31849/bidik.v2i1.8190

Khoerunnisa, N., Cahyani, A. W., Anggitasari, D., & Zanuar, M. Y. (2022). Pemanfaatan wattpad sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi materi menulis cerita pendek di SMP Negeri 1 Padamara. Jurnal Studi Inovasi, 2(3), 18-24. Doi https://doi.org/10.52000/jsi.v2i3.99

Kuswoyo, D., & Parulian, D. (2020). Penerapan aplikasi keamanan internet konten pornografi pada karang taruna di Kecamatan Tegal Alur. MEDIASI, 1(3), 237-246. Doi https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i3.145

Latif, A., & Riana, M. (2020). Literasi kesehatan mahasiswa tingkat pertama di Politeknik Negeri Media Kreatif tahun 2019. MEDIASI, 1(2), 112-123. Doi https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i2.39.

Lifiani, M., & Krismayani, I. (2020). Pemanfaatan wattpad sebagai aplikasi self-publishing berbasis online dalam distribusi informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 141-150. Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/26803-55685-1-SM.pdf

Marlina, E., Risti, N., & Hardiyanti, S. (2021). Peran mahasiswa dalam pendidikan dan produktivitas masyarakat dimasa pandemi di Pedesaan Kabupaten Ciamis. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(12), 39-50. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/87

Martadinata, A. M. (2019). Peran mahasiswa dalam pembangunan di Indonesia. Idea, 2655(7258), 2655-3139. Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2435-17321-1-PB%20(1).pdf

Nurfadila, N. C., Rokhim, A., & Heriawanto, B. K. (2021). Perlindungan Hukum terhadap Pelanggaran Hak Cipta Penulisan di Aplikasi Digital (Wattpad) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 27(9), 1261-1274. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jdh/article/view/9443

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23. Doi https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.114

Putri, R. A. (2018). Peranan aplikasi wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita (Studi deskriptif kualitatif pada siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan) (Doctoral dissertation). Retrieved from http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11015

Rahim, A. (2018). Pengaruh teknik meneruskan tulisan terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa SMA kelas X. 1 SMAN 1 Sekongkang tahun pelajaran 2017-2018 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram). Retrieved from http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4588

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96. Doi https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Risnawati, E., Mubarok, Y., Washadi, W., & Nur, A. M. (2022). Pendampingan publikasi penulisan kreatif cerpen pada PWNA Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3167-3177. Doi https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9463

Sa'diyah, I., Kristi, R. A., & Tazkiyah, I. (2021). Korelasi antara aplikasi komiku dan wattpad dengan minat baca masyarakat saat pandemik. In Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara (Vol. 2, pp. 17-22). Doi https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.91

Samino, F. A. (2018). Hubungan berpikir kreatif dan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas V sekolah dasar Strada Bhakti Nusa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 98-108. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/297684669.pdf

Sarmila, B., Madeamin, S., & Herdiana, B. (2022). Peningkatan menulis cerpen melalui aplikasi wattpad pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Luwu Timur. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 266-272. Doi https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.299

Setyaningsih, N. H. (2010). Peningkatan keterampilan menulis cerpen mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia dengan model sinektiks yang dikembangkan. Lingua, 6(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/viewFile/876/818

Simanjuntak, N., Naibaho, P., & Arif, S. (2021). Pemanfaatan wattpad sebagai media pembelajaran menulis cerita. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital guna mendukung implementasi merdeka belajar (pp. 223-228). FBS Unimed Press. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43404

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.828

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266

Wulansari, N., & Sumardi, A. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama. Prosiding Samasta, 1 (1), 103-109.Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7215

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Indriani, P., Jaja, J., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Utilization of the Wattpad Application to Improve Short Story Writing Skills for Students. MEDIASI Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 3(3), 323–337. https://doi.org/10.46961/mediasi.v3i3.604

Issue

Section

Artikel

Citation Check