ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PADA MEDIA TV TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX

Authors

  • Rafli Ardiansah Stikom InterStudi Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/jip.v10i1.490

Keywords:

Evektivitas Iklan, Iklan TV, Bauran Pemasaran Dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Industri sepeda motor adalah industri yang berkembang pesat di Indonesia, dikarenakan sepeda motor adalah kendaraan yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama sepeda motor berjenis scooter matic dikarenakan praktis dalam penggunaannya. Yamaha Nmax merupakan produk sepeda motor scooter matic  keluaran Yamaha yang paling laris saat ini padahal Yamaha Nmax bukanlah produk termurah yang dijual oleh Yamaha. Sejak pertama kali peluncuran Yamaha Nmax, Yamaha sudah menggunakan berbagai media untuk beriklan salah satunya adalah tv. Sampai saat ini iklan terutama iklan pada media tv, masih dianggap sebagai media iklan yang efektiv. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui dan mengukur tingkat efektivitas Iklan tv terhadap keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax dengan menggunakan EPIC model hasil pengembangan A.C Nielsen. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian survey kuantitatif dengan menetapkan populasi yaitu para pemilik dan pengguna Yamaha Nmax yang ditetapkan berdasarkan perhitungan sampling sebanyak 91 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik koefisien korelasi dan koefsien regresi berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil perhitungan menunjukan kalau iklan tv cukup efektiv dan memiliki pengaruh sebesar 34,2% dalam mempengaruhi keputusan pembelian, serta saran yang diberikan yaitu : diharapkan agar Yamaha bisa lebih meningkatkan tingkat efektivitas dalam beriklan.

Author Biography

Rafli Ardiansah, Stikom InterStudi Jakarta

Rafli Ardiansah adalah nama penulis dari artikel jurnal ini. Penulis lahir dari pasangan Arief Rifianto dan Indira Sari Astuti sebagai anak pertama dari 2 (dua) bersaudara. Penulis lahir di Jakarta pada tanggal 2 Mei tahun 1999, Saat ini penulis tinggal di jalan Dahlia IV B.16 No.2 Pondok Jurang Mangu Indah, Kelurahan Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222. Penulis menempuh pendidikan dimulai dari SDN Bintaro 04 Pagi Jakarta sejak tahun 2005 hingga tahun 2011, kemudian penulis melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya di SMPN 31 Jakarta dari tahun 2011 sampai tahun 2014, kemudian penulis kembali melanjutkan pendidikan di SMK Media Informatika Jakarta jurusan Multimedia dari tahun 2014 sampai tahun 2017, setelah itu penulis kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu Stikom Interstudi, Jakarta jurusan Periklanan sejak tahun 2017 hingga hingga pada tanggal 25 febuari tahun 2022 penulis sudah dinyatakam lulus dari Stikom Interstudi dan telah menyelesaikan sebuah karya ilmiah berupa  jurnal yang berjudul “Evektivitas Iklan TV Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Nmaxâ€.

 

Semasa penulis masih duduk di Sekolah Menengah Kejuruan penulis pernah melakukan praktek kerja industri pada tahun 2016 di salah satu stasiun televisi di Indonesia yaitu TVRI sebagai salah satu syarat untuk menyusun sebuah karya tulis untuk menempuh syarat kelulusan. Semasa penulis kuliah di Stikom Interstudi penulis juga pernah tergabung menjadi anggota dalam sebuah organisasi yang Komisi Pemilihan Mahasiswa pada saat ada sebuah Event pemilihan anggota dan ketua Hima (Himpunan Mahasiswa) dan  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Stikom Interstudi, setelah itu penulis mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiwa untuk melatih kedisipilinan di markas TNI AD Rindam Jaya pada tahun 2019. Dengan segala ketekunan, motivasi, belajar dan berusaha akhirnya penulis bisa menyelasaikan Tugas akhir berupa jurnal dan dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu  mengikuti sidang akhir.

 

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih dan rasa syukur yang sebanyak-banyaknya dan sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing Bapak Soebiagdo, teman-teman dan semua pihak yang telah membantu penulis menyelesaikan jurnal yang berjudul “Efektivitas Iklan TV Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Nmaxâ€.

 

 

 

References

Achidah, N., & Hasiolan, M. M. W. Dan L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT. Journal Of Management, 2(2), 17 Halaman.

Aisi. (2019). Pangsa Pasar Sepeda Motor. Www.Aisi.Or.Id. Https://Www.Aisi.Or.Id/Statistic/

Ambar. (2018a). Teori Efektivitas Iklan – Pengertian – Metode. Pakarkomunikasi.Com. Https://Pakarkomunikasi.Com/Teori-Efektivitas-Iklan#:~:Text=Efektivitas Iklan Mengacu Pada Sejauh,Yang Sedang Dan Telah Dilakukan.

Ambar. (2018b). Teori Media Periklanan – Pengertian Dan Penjelasannya. Pakarkomunikasi.Com. Https://Pakarkomunikasi.Com/Teori-Media-Periklanan

Badan Pusat Statistik. (N.D.). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018. Https://Www.Bps.Go.Id/Linktabledinamis/View/Id/1133

Detik. (2017). 4 Alasan Sepeda Motor Banyak Digemari. Https://News.Detik.Com/Adv-Nhl-Detikcom/D-3670524/4-Alasan-Sepeda-Motor-Banyak-Digemari

Digital, H. (2021). Apa Itu Efektivitas Iklan. Https://Www.Hercodigital.Id/Apa-Itu-Efektivitas-Iklan/#:~:Text=Sebuah Iklan Dapat Dikatakan Efektif,Dari Sudut Pandang Yang Benar.

Hanindar, M. (2020). Respon Penonton Terhadap Product Placement Dalam Sinetron ( Studi Kasus Sinetron Dunia Terbalik ). Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 5(2), 1–14.

Hidayat, A. (2014a). Penjelasan Uji Validitas Instrumen Lengkap. Https://Www.Statistikian.Com/2012/10/Uji-Reliabilitas-Instrumen.Html

Hidayat, A. (2014b). Penjelasan Uji Reliabilitas Instrumen Lengkap. Https://Www.Statistikian.Com/2012/08/Uji-Validitas.Html

Hidayat, A. (2014c). Regresi Linear Sederhana Dengan SPSS. Https://Www.Statistikian.Com/2012/08/Regresi-Linear-Sederhana-Dengan-Spss.Html

Intan Lina Katrin, H.P Diyah Setyorini, M. (2015). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN JAVANA BISTRO BANDUNG. Jurnal Program Studi Manajemen, Keputusan Pembelian, 4.

Kautsar Ghaniyu Rakhman, Hari Susanto Nugroho, A. H. (2014). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BIORE MEN DI KOTA SEMARANG. Jurnal Studi Manajemen, Promosi Kualitas Produk, 250.

Kompasiana. (2017). Alasan Mengapa Motor Matik Lebih Banyak Dipilih Di Indonesia. Https://Www.Kompasiana.Com/Advertorial/58f59c811397730e0816228f/Alasan-Mengapa-Motor-Matik-Lebih-Banyak-Dipilih-Di-Indonesia

Morissan. (2012). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. In Periklanan (Prenamedia, P. 17).

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.

Philip Kotler. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. In Advertising Book (Pp. 57–59). Erlangga.

Pratama, A. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal Of Communication Empowerment, 1(1), 16–30. Https://Doi.Org/10.33376/Ic.V1i1.354

Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Kompas Gramedia.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian. In Buku Metode Penelitian (P. 42). AlFabeta.

Sugiyono. (2017c). Metode Penelitian. In Buku Metode Penelitian (P. 80). Alfabeta.

Sugiyono. (2017d). Metode Penelitian. In Buku Metode Penelitian (P. 81). Alfabeta.

Sugiyono. (2017e). Metode Penelitian. Alfabeta.

Supriyati. (2012). Pengertian Objek Dan Metode Penelitian Menurut Para Ahli. Www.Kumpulanpengertian.Com. Https://Www.Kumpulanpengertian.Com/2019/12/Pengertian-Objek-Dan-Metode-Peneliti.Html

Suroto. (2016). Kelebihan Dan Kelemahan Iklan Televisi Sebagai Media Periklanan. Gomarketingstrategic.Com. Https://Www.Gomarketingstrategic.Com/Kelebihan-Dan-Kelemahan-Iklan-Televisi-Sebagai-Media-Periklanan/

Zhahir, B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Nmax (Studi Kasus Pada Dealer Yamaha Bahana Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(5), 146–154.

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-30

How to Cite

Ardiansah, R. (2022). ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PADA MEDIA TV TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 10(1), 28–36. https://doi.org/10.46961/jip.v10i1.490

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.