Perancangan Website Monitoring Pengaduan Masyarakat pada Sistem Pengaduan KemenKopUKM

Authors

  • Freddy Yakob [Sinta ID: 6728777] Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia
  • Sanjaya Pinem Politeknik Negeri Media Kreatif

DOI:

https://doi.org/10.46961/jommit.v7i1.724

Abstract

Informasi telah menjadi komoditas yang termasuk dalam kebutuhan manusia. Apalagi untuk instansi pemerintah yang wajib menjalankan amanat undang-undang melakukan keterbukaan informasi publik. Hal ini didorong untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang bersih dan bebas dari korupsi. Termasuk ada pengaduan masyarakat, diperlukannya sistem monitoring yang dapat dilihat secara online dan realtime. KemenKopUKM melalui website monitoring pengaduan masyarakat mewujudkan keterbukaan informasi publik dengan tepat. Data yang ditampilkan juga dibuat dengan sistematis yang mudah dibaca dan dianalisis. Selain itu kemudahan akses kepada publik juga menjadi bagian untuk melakukan transparansi data. Untuk itu website monitoring pengaduan masyarakat ini dibuat dan disusun agar masyarakat dapat mengontrol langsung proses aduannya. Hasilnya tampilan yang sederhana dengan memperhatikan sequence dapat dikonstruksikan dengan baik. Tampilan menggunakan grafis yang interaktif juga memudahkan pengguna baik oleh masyarakat maupun pemangku kepentingan tidak lagi kesulitan jika ingin mendapatkan data terkini.

Author Biography

Freddy Yakob, [Sinta ID: 6728777] Politeknik Negeri Media Kreatif

References

N. Febriananingsih, “KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PEMERINTAHAN TERBUKA MENUJU TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK,” Jurnal Rechtsvinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, vol. 1, no. 1, pp. 135–156, 2012, [Online]. Available: www.article19.

D. Nupikso, “Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Dalam Website Pemerintah,” IPTEK-KOM, vol. 17, no. 2, pp. 113–128, 2015.

S. Kemp, “DIGITAL 2023: INDONESIA,” datarepotal.com, Feb. 09, 2023.

Y. Firmansyah, R. Maulana, and N. Fatin, “SISTEM INFORMASI PENGADUAN WARGA BERBASIS WEBSITE,” Jurnal Cendikia, vol. 19, no. 1, pp. 397–404, 2020.

Liesnaningsih, R. Taufik, and R. Destriana, “SISTEM INFORMASI MONITORING PENGADUAN DAN KELUHAN PELANGGAN PADA PT. EGA TEKELINDO PRIMA BERBASIS WEB,” JIKA (Jurnal Informatika), vol. 5, no. 3, pp. 276–281, 2021.

Alfiani, D. P. Agustino, and I. G. A. V. Purnama, “Sistem Informasi Pengaduan Pada Komite Olahraga Nasional Indoensia Provinsi Bali Berbasis Web,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 4, no. 1, pp. 107–117, 2023.

D. Lesmana and G. M. Valentina, “Digital Marketing Rumah Makan Padang Melalui Instagram Berdasarkan Social Construction of Technology,” COMMENTATE: Journal of Communication Management, vol. 2, no. 1, pp. 17–32, Jul. 2021, doi: 10.37535/103002120212.

I. N. Ghifari and H. Setiaji, “Pengembangan Portal Manasik Haji Pada Website Islamic Vibes,” Jommit: JURNAL MULTI MEDIA DAN IT, vol. 06, no. 01, pp. 17–22, 2022, doi: 10.46961/jommit.v6i1.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Yakob, F., & Pinem, S. (2023). Perancangan Website Monitoring Pengaduan Masyarakat pada Sistem Pengaduan KemenKopUKM. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 7(1), 031–035. https://doi.org/10.46961/jommit.v7i1.724

Citation Check