Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Tabel Periodik Unsur Kimia di SMAN 1 Sei Bambang Menggunakan Metode ADDIE

Authors

  • Nela Sry Devi Sitompul Politeknik Negeri Pontianak, Indonesia
  • Pausta Yugianus Politeknik Negeri Pontianak
  • Suharsono Suharsono Politeknik Negeri Pontianak, Indonesia

Abstract

Era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin kaya dalam mendukung proses pembelajaran, pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan efektif memiliki peran yang semakin penting. Media pembelajaran mampu mendorong pembelajaran yang aktif, visual, dan intuitif dengan memadukan berbagai elemen multimedia seperti penggunaan teks, gambar, grafik, visualisasi, animasi dan suara, serta fitur interaktif yang memungkinkan pengguna untuk melakukan eksplorasi secara mandiri untuk menjelajahi sifat-sifat unsur kimia dan pola-pola yang terdapat dalam tabel periodik, media mampu memberikan gambaran ecara riil materi yang kompleks seperti unsur-unsur kimia dan sifat-sifat periodiknya menjadi lebih mudah diakses dan dipahami. Penelitian ini dirancang untuk membantu siswa memahami tabel periodik unsur kimia secara mendalam. Media pembelajaran yang dibangun memuat informasi tentang setiap unsur, termasuk simbol, nomor atom, massa atom, konfigurasi elektron, dan sifat fisik serta kimianya. Selain itu untuk memperdalam pemahaman siswa, media pembelajaran ini menyediakan simulasi, kuis sebagai bentuk evaluasi terhadap pemahaman siswa terhadap materi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat berjalan pada perangkat versi dekstop dan perangkat android versi 10, 11, dan 12. Berdasarakan pengujian fungsionalitas menggunakan Black Box testing menungjukkan bahwa fitur yang dibangun sudah berfungsi dan berjalan dengan baik dan layak untuk digunakan.

Author Biographies

Nela Sry Devi Sitompul, Politeknik Negeri Pontianak

Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Informatika

Pausta Yugianus, Politeknik Negeri Pontianak

Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Informatika

Suharsono Suharsono, Politeknik Negeri Pontianak

Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Informatika

References

D. Khairumuhazir, S. Hardhienata, and Mulyati, “Simulasi Proses Penggabungan Unsur Kimia Sebagai Media Pembelajaran,” Universitas Pakuan, 2020. [Online]. Available: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/417

W. A. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tabel Periodik Unsur Kimia Berbasis Multimedia,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015. [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/29439/1/Wahyu Arfian S 085244036.pdf

M. Purba, Kimia Untuk SMA Kelas XI Semester II. Jakarta: Erlangga, 2007.

et al. Petrucci, Kimia Dasar: Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga, 2011.

R. A. Dwinata, R. Efendi, and S. P. Yudha, “Rancang Bangun Aplikasi Tabel Periodik Unsur Dan Perumusan Senyawa Kimia Dari Unsur Kimia Dasar Berbasis Android,” J. Rekursif, vol. 4, no. 2, pp. 176–183, 2016.

Robiyanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Animate 2020 Pada Materi LIngkaran,” Universitas Siliwangi, 2023.

“Mengenal Balsamiq, Aplikasi Wireframe Untuk Pemula,” 2023. https://balsamiq.com/wireframes/

A. K. Ahmadi, “Pengembangan Adobe Animate CC Sebagai Media Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Media Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan,” Skripsi, pp. 1–217, 2018.

N. Subana, I. D. K. Tastra, and L. P. P. Mahadewi, “Pengembangan multimedia interaktif dengan model ADDIE pada mata pelajaran IPA kelas VII semester I di SMP Tp 45 Sukasada,” J. Edutech Undiksha, vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2013.

R. P. Munthe, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Profesional Cs6 Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di Sma Negeri 1 Trumon,” 2022.

A. Muslichun, “Pengembangan Aplikasi Mulimedia Interaktif ‘ASEAN GO’ Berbasis Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 41 Semarang,” pp. 16–19, 2019.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Sitompul, N. S. D., Yugianus, P., & Suharsono, S. (2024). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Tabel Periodik Unsur Kimia di SMAN 1 Sei Bambang Menggunakan Metode ADDIE. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 8(1), 54–61. Retrieved from https://ojsdemo.polimedia.ac.id/index.php/jommit/article/view/1028

Citation Check